Pages

Sunday 2 March 2014

cara menambah ram android (virtual ram)

Memperbesar kapasitas RAM(virtual) Android bertujuan untuk menambah kecepatan terhadap berbagai aplikasi yang dipanggil dan dimuat di Android.Semakin banyak aplikasi yang dibuka maka semakin banyak pula kapasitas memory yang digunakan untuk mengaksesnya.Kebutuhan memory yang sangat besar sangat diperlukan supaya aplikasi yang tersedia tidak lambat atau memakan waktu yang lama saat akan diakses atau dibuka.Semua kinerja pada android tergantung dari seberapa besar kapasitas RAM yang digunakan atau berapa besar kapasitas RAM yang tersedia untuk digunakan dalam aplikasi tersebut.
Cara Memperbesar Kapasitas RAM Android
Sebenarnya banyak aplikasi yang ditanam pada sistem operasi Android,biasanya spesifikasi android sudah tergantung dari aplikasi yang ada dipasangkan pada perangkat tersebut.Semakin banyak aplikasi yang tersedia maka semakin banyak pula kebutuhan memory yang digunakan pada aplikasi-aplikasi tersebut.Apalagi game di android sangat diperlukan sekali memory yang sangat besar agar kinerja game dapat bekerja dengan baik pada saat akan dimainkan.
Langsung saja berikut langkah-langkah dalam cara memperbesar kapasitas RAM Android :
  • Pastikan kamu punya SD Card yang mau dijadiin memory, minimal class 6 (kemampuan read di atas 6 MB/s). SD card class 10 lebih recommended. Jika SD card kurang dari itu, bakal berpengaruh terhadap perforam nya.
  • Ponsel Android kamu harus sudah di root.
  • Download aplikasi bernama ROEHSOFT RAM Expander (SWAP) di Google Play, aplikasi ini berbayar $8.69 atau kamu bisa gunakan link (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.swapit.expander.de).
  • Install aplikasi tersebut, di menu awal, klik tombol Setting (capacitive button), pilih SDCARD Directory untuk menentukan dimana swapfile akan disimpan/terbentuk. Bisa disimpan di memory telepon atau sdcard.
  • Pada isian Size (mb), isikan besaran swapfile yang akan digunakan sebagai virtual memory/RAM. Tombol “Optimal Value” pada pojok kiri bawah adalah settingan agar otomatis mengisi besaran nilai pada isian Size (Mb), sesuai dengan maximum free space yang ada di SD Card
  • Pada isian Swappiness, diisi dengan range angka 0 – 100. 0 berarti kernel tidak menggunakan swapfile, dan 100 berarti kernel akan men-swap setiap memory yang ada ke SD Card. Silahkan mencoba sendiri besaran value yang paling pas menurut ente.
  • Kemudian di check Swap active yang ada di pojok kiri atas. lalu tunggu sampai proses pembentukan swapfile selesai. Lama proses sangat bergantung pada besaran swapfile yang dibentuk dan seberapa cepat SD Card kamu.
  • Secara system, memang RAM bakalan tetap keliatan kayak bawaan Android kamu, karena secara default tidak menayangkan Swap RAM. Tapi secara real, bakalan keliatan perubahannya. Ponsel Android kamu jadi lebih responsif dan cepat.

0 komentar: