Pengertian Internet
Internet (Interconected Network)
merupakansekumpulan komputer yang saling berhubungan satu sama lain membentuk
suatu jaringan yang menjangkau seluruh dunia yang saling berinteraksi dan
bertukar informasi.
Sedangkan dari segi ilmu
pengetahuan, Internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya
terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa
text, graphic, audio maupun animasi, dan lain-lain dalam bentuk media elektronik.
Orang bisa “berkunjung” ke perpustakaan tersebut kapan saja dan dari mana saja.
Selain sebagai sumber informasi,
jaringan internet juga merupakan sarana komunikasi. Komunikasi yang
dilakukan di internet adalah komunikasi data. Segala sesuatu yang
dikirimkan melalui internet berupa teks, suara, gambar, suara dan gambar
dikirim dalam bentuk data. Hal ini berarti menggunakan internet adalah
mempertukarkan data-data antara dua buah komputer. Mengirim e-mail misalnya,
kita kirim dalam bentuk data teks. Contoh lain, jika kita membuka sebuah
halaman web, maka sebenarnya kita sedang mengirimkan halaman web
dengan cara mengirimkan alamat URL-nya. Kemudian komputer server halaman
web tersebut akan mengirimkan halaman web yang kita minta.
Internet merupakan Media Informasi
tanpa batas yang belakangan populer dengan sebutan Cyberspace. seperti
halnya dunia nyata (ada baik-buruknya), di dunia maya juga
ada hal positif dan negatifnya. Internet bisa memberikan
informasi yang sifatnya mendidik, positif dan bermanfaat bagi
kemaslahatan ummat manusia. tapi juga bisa dijadikan sebagai lahan kejelekan
dan kemaksiatan. Hanya etika, mental dan keimanan masing-masinglah yang
menentukan batas-batasnya.
Pengertian Intranet
Intranet adalah sebuah jaringan
komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam
internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di
kategorikan Intranet. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan
yang lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung
komunikasi jarak jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak perlu
sambungan luar ke Internet untuk berfungsi secara benar. Intranet menggunakan
semua protocol TCP/IP Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien
dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP,
POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.
sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah “versi pribadi dari jaringan
Internet”, atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah
organisasi.
Jika sebuah badan usaha / bisnis /
institusi mengekspose sebagian dari internal jaringannya ke komunitas di luar,
hal ini di sebut ekstranet. Memang biasanya tidak semua isi intranet di
keluarkan ke publik untuk menjadikan intranet menjadi ekstranet. Misalnya kita
sedang membeli software, buku dll dari sebuah e-toko, maka biasanya kita dapat
mengakses sebagian dari Intranet toko tersebut. Badan usaha / perusahaan dapat
memblokir akses ke intranet mereka melalui router dan meletakan firewall.
Firewall adalah sebuah perangkat lunak / perangkat keras yang mengatur akses
seseorang kedalam intranet. Proteksi dilakukan melalui berbagai parameter
jaringan apakah itu IP address, nomor port dll. Jika firewall di aktifkan maka
akses dapat dikontrol sehingga kita hanya dapat mengakses sebagian saja dari
Intranet perusahaan tersebut yang kemudian dikenal sebagai extranet.
Sebuah intranet adalah sebuah
jaringan privat (private network) yangmenggunakan protokol-protokol Internet
(TCP/IP), untuk membagi informasi rahasiaperusahaan atau operasi dalam
perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya
merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs webinternal perusahaan. Untuk
membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringanharuslah memiliki beberapa
komponen yang membangun Internet, yakni protokolInternet (Protokol TCP/IP,
alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan
beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan
komponen protokol yang sering digunakan.
Umumnya, sebuah intranet dapat
dipahami sebagai sebuah “versi pribadi dari jaringan Internet”, atau
sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuahorganisasi.
Intranet adalah konsep LAN yang
mengadopsi teknologi Internet dan mulai diperkenalkan pada akhir tahun 1995.
Atau bisa dikatakan Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan
segala fasilitas Internet, diibaratkan berInternet dalam lingkungan lokal. umumnya
juga terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data
dengan jaringan Intranet lainnya (Internetworking) melalui backbone Internet
Pengertian Ekstranet
Extranet atau Ekstranet adalah
jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi
publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada
penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan
lain-lain.
Extranet dapat juga diartikan
sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar
perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume
besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan
lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.
Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes.[]***
Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes.[]***
Pengertian E-Commerce
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang
adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui
sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer
lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data
elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data
otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini
sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan
transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply
chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online
marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing),
pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business,
di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi
mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan
pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan
teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat
elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya
sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada
saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan
di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik
menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang
lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat
non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar
US pada tahun 2011.
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa
bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim
manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus,
struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan,
desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce
adalah:
* E-mail dan Messaging
* Content Management Systems
* Dokumen, spreadsheet, database
* Akunting dan sistem keuangan
* Informasi pengiriman dan pemesanan
* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
* Sistem pembayaran domestik dan internasional
* Newsgroup
* On-line Shopping
* Conferencing
* Online Banking
* Content Management Systems
* Dokumen, spreadsheet, database
* Akunting dan sistem keuangan
* Informasi pengiriman dan pemesanan
* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
* Sistem pembayaran domestik dan internasional
* Newsgroup
* On-line Shopping
* Conferencing
* Online Banking
Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay,
Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal. Untuk di Indonesia, bisa dilihat
tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, dll.
Pengertian E-Business
Pengertian e-Business atau definisi e-business adalah
kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan
dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu
perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan
eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai
untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi
permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
Penggunaan sehari-hari, e-business tidak hanya menyangkut
perdagangan elektronik atau e-commerce saja. Dalam hal ini, e-commerce lebih
merupakan sub bagian dari e-business, sementara e-business meliputi segala
macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk
pemasaran Internet. Sebagai bagian dari e-business, e-commerce lebih berfokus
pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan menggunakan
sistem manajemen pengetahuan, e-commerce mempunyai goal untuk menambah revenu
dari perusahaan.
E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis
termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing),
manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik,
penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis.
E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan
dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau
kombinasi di antaranya.
Pengertian E-Government
Pengertian E-Government atau definisi E-Government adalah
penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan
pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan
dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif,
yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal,
menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis.
Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer
(G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G).
Keuntungan yang paling diharapkan dari e-government adalah peningkatan
efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan
publik.
Pengertian E-learning
E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning,
merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media
elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning
merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi. Beberapa ahli mencoba menguraikan pengertian e-learning menurut
versinya masing-masing, diantaranya :
Jaya Kumar C. Koran (2002)
e-learning sebagai sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan.
e-learning sebagai sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan.
- Dong (dalam Kamarga, 2002)
e-learning sebagai kegiatan belajar asynchronous melalui perangkat
elektronik komputer yang memperoleh bahan belajar yang sesuai dengan kebutuhannya.
- Rosenberg (2001)
menekankan bahwa e-learning merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan
- Darin E. Hartley [Hartley, 2001]
eLearning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain.
- LearnFrame.Com dalam Glossary of eLearning
Terms [Glossary, 2001]
eLearning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer,maupun komputer standalone.
E-learning dalam arti luas bisa mencakup pembelajaran yang
dilakukan di media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal.
E-learning secara formal misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum,
silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan
jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola e-learning dan
pembelajar sendiri). Pembelajaran seperti ini biasanya tingkat interaksinya
tinggi dan diwajibkan oleh perusahaan pada karyawannya atau pembelajaran jarak
jauh yang dikelola oleh universitas dan perusahaan-perusahaan (biasanya
perusahaan konsultan) yang memang bergerak dibidang penyediaan jasa e-learning
untuk umum.
E-learning bisa juga dilakukan secara informal dengan
interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana mailing list,
e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin
mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada
masyarakat luas (biasanya tanpa memungut biaya).
pengertian darpa
DARPA adalah
badan dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang bertanggung jawab untuk
pengembangan baru yang digunakan oleh militer. Nama aslinya ialah Advanced
Research Project Agency (ARPA). Perubahan nama ini terjadi pada tahun 1972
tetapi pada tahun 1993 berganti nama kembali menjadi ARPA dan akhirnya menjadi
DARPA kembali pada tahun 1996. DARPA terbentuk karena masyarakat politik dan
pertahanan mengakui kebutuhan tingkat tinggi Departemen Pertahanan, Organisasi
untuk merumuskan dan melaksanakan proyek-proyek R & D yang akan memperluas
batas-batas teknologi, dan spesifik dari Layanan Militer dan dari laboratorium
mereka. Dalam mencapai misi ini, DARPA telah mengembangkan dan mengalihkan program
teknologi mencakup berbagai disiplin ilmu yang menangani berbagai macam
kebutuhan keamanan nasional.Selama akhir 1960-an, dengan pengalihan dari program ini matang pada Layanan, ARPA redefinisi peran dan berkonsentrasi pada satu set beragam relatif kecil, program penelitian dasarnya eksplorasi. Badan berganti nama menjadi Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) pada tahun 1972, dan selama awal 1970-an, ia menekankan program energi langsung, pengolahan informasi, dan teknologi taktis.
The Mansfield Perubahan tahun 1973 terbatas alokasi jelas untuk riset pertahanan (melalui ARPA / DARPA) untuk proyek-proyek dengan aplikasi militer langsung. Beberapa berpendapat bahwa perubahan tersebut hancur sains Amerika, karena ARPA / DARPA adalah sumber utama pendanaan untuk proyek-proyek ilmu dasar dari waktu; di National Science Foundation pernah dibuat perbedaan seperti yang diharapkan.
Dari 1976-1981, tekanan utama DARPA didominasi oleh udara, darat, laut, dan teknologi ruang, armor taktis dan program anti-lapis baja, inframerah sensing untuk surveilans berbasis-angkasa, teknologi tinggi energi laser untuk pertahanan rudal berbasis ruang, melawan kapal selam perang, rudal jelajah canggih, pesawat canggih, dan aplikasi pertahanan komputasi maju. Ini skala demonstrasi teknologi program besar bergabung dengan penelitian sirkuit terpadu, yang mengakibatkan teknologi elektronik submicrometre dan perangkat elektron yang berevolusi menjadi Integrasi Very Large Scale Integration ( VLSI ) Program dan partikel bermuatan balok program diamanatkan kongres.
Pada 28 Oktober 2009 badan tersebut pecah tanah pada fasilitas baru di Arlington, Virginia beberapa mil dari Pentagon.
pengertian arpanet
.ARPANET (Advanced Research
Project Agency Network) adalah jaringan komputer yang dibuat oleh ARPA
(Advanced Research Project Agency) dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat
pada tahun 1969.
ARPANET difungsikan sebagai sarana percobaan teknologi jaringan komputer terbaru pada zamannya , seperti teknologi packet switching dan menjadi cikal bakal berdirinya internet yang ada sekarang.
ARPANET difungsikan sebagai sarana percobaan teknologi jaringan komputer terbaru pada zamannya , seperti teknologi packet switching dan menjadi cikal bakal berdirinya internet yang ada sekarang.
USENET
merupakan singkatan dari user network dan salah satu jaringan tertua yang
dilayani oleh internet. Awalnya didesain pada Duke University ditahun 1979 dan
dikembangkan pada Duke University dan North Carolia University
setahun kemudian, tujuan utama dari USENET ini adalah untuk bertukar pesan teks
(text message) di antara node (komputer yang terhubung pada jaringan). USENET
telah tumbuh untuk mencakup berbagai macam forum dan juga newsgroup, dalam
jumlah puluhan ribu node yang terhubung.
pengertian ethernet
Ethernet merupakan jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal
untuk data jaringan komputer yang dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan David
Boggs di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) pada tahun 1972.
Sekilas Tentang Ethernet
Versi awal Xerox Ethernet dikeluarkan pada tahun 1975 dan di desain untuk menyambungkan 100 komputer pada kecepatan 2,94 megabit per detik melalui kabel sepanjang satu kilometer.
Sekilas Tentang Ethernet
Versi awal Xerox Ethernet dikeluarkan pada tahun 1975 dan di desain untuk menyambungkan 100 komputer pada kecepatan 2,94 megabit per detik melalui kabel sepanjang satu kilometer.
Disain tersebut menjadi sedemikian sukses di masa itu sehingga Xerox, Intel dan Digital Equipment Corporation (DEC) mengeluarkan standar Ethernet 10Mbps yang banyak digunakan pada jaringan komputer saat ini. Selain itu, terdapat standar Ethernet dengan kecepatan 100Mbps yang dikenal sebagai Fast Ethernet.
Asal Ethernet bermula dari sebuah pengembangan WAN di University of Hawaii pada akhir tahun 1960 yang dikenal dengan naman "ALOHA". Universitas tersebut memiliki daerah geografis kampus yang luas dan berkeinginan untuk menghubungkan komputer-komputer yang tersebar di kampus tersebut menjadi sebuah jaringan komputer kampus.
Proses standardisasi teknologi Ethernet akhirnya disetujui pada tahun 1985 oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), dengan sebuah standar yang dikenal dengan Project 802. Standar IEEE selanjutnya diadopsi oleh International Organization for Standardization (ISO), sehingga menjadikannya sebuah standar internasional dan mendunia yang ditujukan untuk membentuk jaringan komputer. Karena kesederhanaan dan keandalannya, Ethernet pun dapat bertahan hingga saat ini, dan bahkan menjadi arsitektur jaringan yang paling banyak digunakan.
pengertian apple talk
AppleTalk adalah sebuah protokol
jaringan yang dikembangkan khusus untuk jaringan
yang terdiri atas komputer-komputer Apple
Macintosh, yang mengizinkan para penggunanya untuk saling berbagi berkas
dan printer
agar dapat diakses oleh pengguna lainnya. AppleTalk merupakan teknologi yang
sudah dianggap usang yang kini telah digantikan oleh Apple Open Transport, yang juga mendukung
AppleTalk itu sendiri, protokol TCP/IP dan beberapa protokol jaringan lainnya.AppleTalk adalah sebuah teknologi jaringan yang hanya mendukung hingga 254 node untuk tiap jaringan fisiknya. AppleTalk dapat berjalan di atas protokol LocalTalk, sebuah antarmuka serial RS-499/RS-422 yang terdapat di dalam komputer Apple Macintosh. Pada versi AppleTalk Phase II yang lebih baru, protokol yang didukung pun semakin luas, yakni EtherTalk (untuk konektivitas dengan Ethernet), TokenTalk (untuk konektivitas dengan Token Ring), dan FDDITalk (untuk konektivitas dengan FDDI).
Alamat mesin di dalam jaringan berbasis AppleTalk secara acak akan diberikan ketika mesin tersebut dikoneksikan ke jaringan tersebut, dan mesin tersebut akan membuat sebuah paket yang dikirimkan secara broadcast untuk menjamin bahwa tidak ada mesin lainnya yang menggunakan alamat tersebut. Pengalamatan dinamis ini disebut dengan AppleTalk Address Resolution Protocol (AARP).
Internetwork AppleTalk secara logis dibagi ke dalam beberapa zona di mana fungsi utamanya adalah untuk membuat sumber daya jaringan lebih mudah untuk diakses oleh pengguna. Sebuah zona AppleTalk adalah sebuah representasi logis dari beberapa node jaringan AppleTalk yang dapat terdiri atas beberapa jaringan fisik. Pemetaan antara zona dan alamat jaringan akan dilakukan oleh protokol Zone Information Protocol (ZIP), yang kemudian membuat Zone Information Table (ZIT) yang nantinya disimpan di dalam router AppleTalk.
token ring
Gelang kepingan (bahasa Inggris: token ring) adalah sebuah
cara akses
jaringan berbasis teknologi gelang (ring) yang pada awalnya dikembangkan
dan diusulkan oleh Olaf Soderblum pada tahun 1969. Perusahaan IBM selanjutnya membeli
hak cipta dari gelang kepingan dan memakai akses gelang kepingan dalam produk
IBM pada tahun 1984.
Elemen kunci dari desain gelang kepingan milik IBM ini adalah penggunaan
penyambung buatan IBM sendiri (proprietary), dengan menggunakan kabel pasangan
berpilin (twisted pair), dan memasang hub aktif yang berada di dalam
sebuah jaringan komputer.
Sambungan komputer dalam topologi
ring
Pada tahun 1985, Asosiasi IEEE di Amerika
Serikat meratifikasi standar IEEE 802.5 untuk protokol (cara
akses) Token Ring, sehingga protokol Token Ring ini menjadi standar
internasional. Pada awalnya, IBM membuat Token Ring sebagai pengganti untuk
teknologi Ethernet
(IEEE
802.3) yang merupakan teknologi jaringan LAN paling populer.
Meskipun Token Ring lebih superior dalam berbagai segi, Token Ring kurang
begitu diminati mengingat beaya implementasinya lebih tinggi jika dibandingkan
dengan Ethernet.
Spesifikasi asli dari standar Token
Ring adalah kemampuan pengiriman data dengan kecepatan 4 megabit per detik (4
Mbps), dan kemudian ditingkatkan empat kali lipat, menjadi 16 megabit per
detik. Pada jaringan topologi ring ini, semua node yang terhubung harus
beroperasi pada kecepatan yang sama. Implementasi yang umum terjadi adalah
dengan menggunakan ring 4 megabit per detik sebagai penghubung antar node,
sementara ring 16 megabit per detik digunakan untuk backbone jaringan.
Beberapa spesifikasi dan standar
teknis Token Ring yang lain, seperti enkapsulasi
Internet Protocol (IP) dan Address Resolution Protocol (ARP) dalam
Token Ring dijelaskan dalam RFC
1042.
Dengan Token-Ring, peralatan network
secara fisik terhubung dalam konfigurasi (topologi) ring di mana data
dilewatkan dari devais/peralatan satu ke devais yang lain secara berurutan.
Sebuah paket kontrol yang dikenal sebagai token akan berputar-putar dalam
jaringan ring ini, dan dapat dipakai untuk pengiriman data. Devais yang ingin
mentransmit data akan mengambil token, mengisinya dengan data yang akan
dikirimkan dan kemudian token dikembalikan ke ring lagi. Devais penerima/tujuan
akan mengambil token tersebut, lalu mengosongkan isinya dan akhirnya
mengembalikan token ke pengirim lagi. Protokol semacam ini dapat mencegah
terjadinya kolisi data (tumbukan antar pengiriman data) dan dapat menghasilkan
performansi yang lebih baik, terutama pada penggunaan high-level bandwidth.
Ada tiga tipe pengembangan dari
Token Ring dasar: Token Ring Full Duplex,
switched Token Ring, dan 100VG-AnyLAN. Token Ring Full Duplex
menggunakan bandwidth dua arah pada jaringan komputer. Switched
Token Ring menggunakan switch yang mentransmisikan data di antara segmen LAN
(tidak dalam devais LAN tunggal). Sementara, standar 100VG-AnyLAN dapat mendukung
baik format Ethernet maupun Token Ring pada kecepatan 100 Mbps.
FDDI adalah interface jaringan
menggunakan kabel serat optic dengan kapasitas sampai 100Mbps, FDDI
kebanyakan digunakan sebagai teknologi backbone kecepatan tinggi oleh
karena dukungannya untuk penyediaan bandwidth yang lebih besar daripada
kabel tembaga biasa. Berbasis token passing (seperti pada token ring) dengan
menggunakan arsitektur dual cincin LAN. Traffic FDDI pada dual cincin tersebut
bergerak saling berlawanan arah (sering disebut juga counter rotating ring).
Cincin tersebut terdiri dari cincin primer dan sekunder. Selama beroperasi,
cincin primer digunakan untuk transmisi data dan cincin sekunder berada dalam
keadaan ‘idle’ atau tidak bekerja. Jika cincin primer mengalami masalah, maka
cincin sekunder dipergunakan untuk menggantikan cincin primer. Fungsi utama
dari penggunaan dua ring ini adalah untuk mendapatkan reliabilitas yang lebih
tinggi bila terjadi diskoneksi pada cincin primer.
Gambar dasar Dual Ring pada FDDI:
Gambar dasar Dual Ring pada FDDI:
FDDI didefinisikan dalam 4
spesifikasi :
- Media Access Control (MAC) – Spesifikasi MAC mendefinisikan bagaimana suatu media transmisi diakses, termasuk definisi format frame, penanganan token, pengalamatan, algoritma perhitungan cyclic redundancy check (CRC), dan mekanisme error recovery.
- Physical Layer Protocol (PHY) – Spefisikasi PHY mendefinisikan prosedur enkoding/dekoding data, kebutuhan clock, framing dan fungsi lainnya.
- Physical Medium Dependent (PMD) — PMD mendefinisikan karakteristik media tarnsmisi, termasuk sambungan serat kaca, level listrik, bit error rates, komponen optik, dan konektor yang dibutuhkan.
- Station Management (SMT) — Spesifikasi SMT mendefinisikan konfigurasi stasiun FDDI, konfigurasi ring, dan kontrol terhadap ring, termasuk penambahan dan pengurangan stasiun baru, inisialisasi, perlindungan terhadap kegagaan dan recovery, penjadwalan, dan koleksi data statistik tentang jaringan FDDI.
Spesifikasi FDDI dan model OSI:
FDDI mendefinisikan spesfikasi fisik
dan media-access dari model Open System Interconnection (OSI). FDDI serupa
dengan IEEE 802.3 Ethernet dan IEEE 802.5 Token Ring dalam relasinya dengan
model OSI.
Gambar berikut menunjukkan
spesfikasi FDDI dan hubungannya dengan m
0 komentar:
Post a Comment